Thursday, May 11, 2006

Sup Betawi Berkah



Suatu saat seorang teman mengajak makan di sebuah warung kecil bertulisan "Berkah."
Tempatnya biasa-biasa aja, seperti warung makan pada umumnya. Bahkan kalau gak diajak teman, aku nggak mungkin tahu ada warung makan itu di muka bumi ini. Terletak di pinggir tol simatupang, ke jalan kampung yang tembus ke kuburan jeruk purut.
Di meja telah ditaruh banyak cemil-cemilan, pelengkap makanan utama seperti emping yang gedenya sepiring, tahu, tempe, kerupuk dan lain-lain.
Mata pasti ngelihat yang emping segede piring dong...
Makannya gimana ya?
ternyata berdasarkan contekan dari meja sebelah, emping yang gede ini diremek bersama plastiknya sehingga ketika kita buka jadi emping kecil-kecil...woww...nice...
Trus untuk makanan utamanya...sup daging berkah.
Cuma ada dua menu, gede atau kecil.
Ketika datang, sup bening kemerahan ini diisi dengan tulang-tulang berbalut daging yang berenang-renang di antara daun bawang. Ok...kayaknya cukup layak di coba.
Terus, seruput kuahnya.
Gurihnya minta ampun. Mungkin karena memang seluruh daging ini direbus lama dengan tulang dan sum-sum kali ya...tambah sambel sedikit. Sempurna.
Ok, aku belum mau menyentuh dagingnya...dandanin nasi dulu kali ya...sedikit kecap di atas nasi, sedikit jeruk nipis di kuah sup. Baru aku lanjut ke dagingnya.
Dengan sendok, aku mengambil dagingnya dari rekatan tulang besar itu. Wahh...gampang banget lepasnya..hmm..menarik.
Terus, masukin daging itu kemulut, ...aku takjub dengan daging se-empuk ini.
Karena empuk, di antara serat-serat daging, resapan kaldu sapinya terasa sekali. Belum lagi sum-sum yang masih tampak di tulang menambah kenikmatan.
Kenikmatan yang membedakan sup daging berkah ini dengan sup-sup daging lainnya.
Kenikmatan yang bisa membuatku kangen dengan masakan ini.

2 comments:

Anonymous said...

buset mick.... bikin gw LAPERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRr
hehehe... can't wait to go back home and buy your novel... sounds interesting:)

take care now.

Micki Mahendra said...

Pastiiii...laper dongg..
wong gue aja ngiler tiap liat fotonya
hahahah
lo harus coba...
dan elo harus beli novel gue hieheihee
take care