Monday, November 06, 2006

Control is illusion




Aku pernah baca dan mendengar bahwa kontrol adalah ilusi.
Seberapa akurat pernyataan ini?

Gini, tadi waktu olah raga pagi naik sepeda, banyak banget mobil dan motor ber seliweran di daerah bintaro. Sampe-sampe gak seger lagi, yah tapi lumayan, namanya orang cari keringat...anyway, banyaknya mobil yang buru-buru ngejar setoran hari senin itu, membuat aku berpikir naik sepeda udah gak aman. Kesenggol dikit bisa 'selesai.'

Trus pikiranku melayang ke puluhan tahun lalu, atau belasan kali yee...kayaknya udah tua banget kalo puluhan. Yaitu ke film "Days of Thunder," yang di maeinin Nicole Kidman dan Tom Cruise.
Di sini ada salah satu adegan yang menyatakan, kurang lebih, udah agak lama, sebenernya aku gak yakin ini film itu atau kehidupan nyata ku sendiri ya, agak-agak blurry sih..
nah dia bilang gini: Mankind itu selalu obsess sama kontrol. Padahal kontrol itu ilusi. Kita bisa aja melakukan persiapan yang matang untuk segala hal, tapi tetep aja hasilnya beda. Contoh, meski kita ngecek mobil kita, rem, mesin dll, tetep aja kalo emang harus tabrakan ya tabrakan..jadi kontrol itu 'Nothing." So, why bother.
(Kayaknya emang film deh, kecuali ternyata kalau aku kenal sama Nicole Kidman)

Mungkin pernyataan di atas perlu di lengkapi lagi...kontrol memang ilusi, kepada hal-hal eksternal seperti tadi...(ketabrak mobil, kesambar ikan terbang, ketabrak tawon dll) tapi untuk perasaan dan nafsu, kayaknya harus bisa deh...ok, kita akan gagal berkali-kali, tapi yang diitung mungkin bukan keberhasilan, tapi usaha..bener gak? tau deh..gue sih mikirnya kayak gitu, kalo usahanya udah bener juga Insha Allah di benerin...

So, i really do believe control about external thing is impossible, it's only an Illusion...bahkan mungkin internal control is no different...kan ada yang Maha Membalikan Hati.
Harap-harap cemas aja takdir kita baik, dan bersyukur...
ya bersyukur, jangan gak tau diri, mentang-mentang segalanya udah di atur..
=)
Peace yo!

4 comments:

Anonymous said...

bersyukur? sering kata-kata ini aku dengar. namun aku kok belum ngerti benar ya.

rasa sykur itu yang kayak gimana mas? terus bagaimana menerapkan sykur dalam kegiatan sehari-ahri?
terimakasih pencerahannya

Micki Mahendra said...

Kw:
Mungkin cara orang bersyukur itu beda-beda ya, mas.Makanya kadang-kadang kita yang paling ngerti bagaimana kita bersyukur...bentuknya banyak...salah satunya selalu sangka baik dan berterima kasih terhadap kejadian yang menimpa kita? karena yang telah kejadian pasti yang terbaik buat kita, kan?

Iman Brotoseno said...

control your ego...susah banget..
Salam

Micki Mahendra said...

Iman:

ya. =)bisa begitu.
Kalau di anggap susah =)
kalo kita sadar the producer, director, even the actor are played by Allah. (pada akhirnya)nanti juga gak enak sendiri.

Tapi kita memang perlu ego. Supaya punya nafsu untuk bertindak. Kalo nggak nganggur dong..apa lagi situ yang Director besar =)Needs ego to create something nice kan?

salam