Sunday, January 22, 2006

Etiket Dijamu

Mungkin sebagian dari temen-temen kita, atau pun kita sendiri senang menjamu kompanyon dengan menghidangkan makanan spesial.
Apabila kita dijamu, ada beberapa hal yang harus di perhatikan…supaya orang yang menjamu kita senang, terutama kalau mereka khusus masak untuk kita.
Beberapa hal itu adalah:

  • Mbok ya kalo di kasih piring gak usah di lap lagi. Kecuali emang beneran kotor…nah kalo kayak gini, yang ngejamu/host emang rada-rada…soalnya, kalau kita kebiasaan ngelap piring pemberian si host - kayaknya kita ‘ngecap’ si host sembarangan dan gak pedulian.

  • Kalau si host yang memasak sendiri, inget, pas makanan datang, jangan…I repeat…JANGAN langsung menambahkan garam atau pun merica sebelum mencobanya dulu. Ini bagi sebagian orang adalah penghinaan, karena yang menambah garam dan merica itu seperti menganggap yang masak tidak bisa masak. Keterlaluan. Kalau emang perlu tambah garam atau merica, bilang aja kayak gini,” Hmm enak, tapi aku sih sukanya rada asinan dikit, tambah garam ya?” Nah, kan lebih enak kedengerannya. Itu wajar kok, karena kan selera orang beda-beda. Enak itu relatif. Gak enak itu absolut !!

  • Begitu juga dengan sambel atau saos tomat. Bahkan bagi sebagian orang pemakaian saos tomat dan sambel yang berlebihan bisa dianggap tidak menghargai masakan. Coba deh inget-inget lagi…kalo makan steak pake saos tomat/sambel, yang di rasain daging apa saosnya? Hehehe

Udah segitu dulu kali ya.
Aku rasa etiket ini juga berlaku bagi host nya, kalo masak yaaa harus enak….kalo ngasih piring yaa harus yakin bersih…kalo nggak, ngaku aja dari awal…hihihi…minta piringnya di lap-in, minta di banyakin saosnya karena dagingnya hambar…kalo temen pasti ngerti kok..;p

2 comments:

Neng Keke said...

Mustinya DIJAMU :)

Micki Mahendra said...

mana? mana?
gak ada bukti heiheieh
udah ku benerin neng..thanks ya